Cara Mancing Ikan Sepat

10.14.00
Cara Mancing Ikan Sepat
Cara Mancing Ikan Sepat
Macing ikan sepat memang gampang-gampang susah. Bukan hanya satu atau dua orang saja yang pernah mengalami kesulitan ketika mancing ikan sepat, melainkan hampir setiap orang pernah mengalami hal yang sama, termasuk saya sendiri. Rasa dongkol sekaligus penasaran kerap bersatu padu dalam kalbu ketika sedang mancing ikan sepat.

Berbagai macam resep umpan mancing ikan sepat pernah dicoba tapi tetap saja boncos? Itu wajar, karena masalah utama bukan terletak pada umpan mancing yang digunakannya. Apalagi ikan sepat menurut saya termasuk ikan yang paling rakus. Bahkan umpan jenis apapun yang kita gunakan pasti dilahap habis oleh ikan yang terbiasa hidup berkoloni dirawa-rawa ini. Apalagi jika umpan yang kita gunakan jenis pelet, tentunya akan habis dalam sekejap!

Usut punya usut, ternyata masalah utamanya antara lain terletak pada ikan sepat itu sendiri. Bukan karena ikan sepat sedang diet, melainkan karena mulut ikan sepat tergolong sangat mungil sehingga umpan mancing yang terdapat dikail pancing tidak bisa langsung dimakan dalam sekali sambar, tapi umpan dimakan sedikit demi sedikit, dan pada akhirnya umpan pun terlepas sebelum mulut ikan terkait. Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan kail pancing ukuran kecil, misalnya 0.1 atau 0.3

Nah, berikut ini saya uraikan cara mancing ikan sepat yang benar berdasarkan pengalaman saya pribadi serta tips-tips yang telah saya rangkum dari berbagai sumber:

1# Gunakan Senar Pancing Diameter Kecil
Maksud penggunaan senar pancing berukuran kecil ini ialah agar senar tidak begitu terlihat sehingga ikan sepat tidak merasa takut. Oleh karena itu, semakin kecil diameter senar pancing yang digunakan akan semakin bagus. Lebih bagus lagi jika menggunakan senar yang berwarna transparan sehingga hanya terlihat samar-samar.

2# Gunakan Kail Pancing Kecil
Karena mulut ikan sepat ini sangat mungil, maka kita harus menggunakan mata kail dengan ukuran hook yang mungil juga. Hal ini tujuannya tidak lain agar umpan yang terdapat dikail pancing bisa dimakan dengan sekali sambar. Dalam hal ini kita sebaiknya menggunakan kail pancing nomor 0.1 atau paling besar 0.3.

3# Umpan Mancing
Umpan mancing ikan sepat pada dasarnya sangat mudah, bahkan berbagai jenis umpan mancing dapat digunakan. Akan tetapi, menurut saya umpan mancing ikan sepat yang paling cocok adalah lumut atau cacing kecil. Keduanya termasuk umpan jitu ikan sepat yang paling sering digunakan.

Nah, demikian cara mancing ikan sepat yang biasa saya pakai dan terbukti cukup memuaskan. Saya biasa mancing ikan sepat baik kolam maupun sungai dengan cara diatas. Sedangkan umpan mancing ikan sepat yang saya gunakan berupa cacing.

Selain itu, sebaiknya kita menggunakan joran yang sangat lentur ketika mancing ikan sepat. Hal initidak lain agar sensasi tarikan ikan sepat yang mungil ini lumayan berkesan. Kalau saya sendiri selalu menggunakan joran pancing model pen.

Selamat mecoba!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »